Penyebab dan Gejala Mata Merah

Ini adalah masalah umum yang mungkin mendorong banyak orang untuk melakukan tes mata sesegera mungkin, tetapi tentunya lebih baik aman dalam hal menjaga penglihatan yang sehat, penting untuk diingat bahwa mata merah adalah sesuatu yang biasanya dapat diobati. sangat mudah.

Ketika mata menjadi teriritasi, menyebabkan kemerahan di sekitar area putih, penyebabnya bisa banyak. Namun,

melihat anatomi mata meski gejala ini biasanya sangat mengkhawatirkan, biasanya disebabkan oleh sesuatu yang cukup jinak. Kebanyakan orang akan menderita mata merah – atau mata merah muda seperti yang sering disebut – pada satu atau lain hal dan masalahnya biasanya berasal dari lapisan terluar mata yang meradang.

Secara medis dikenal sebagai konjungtivitis, kondisi ini biasanya disebabkan oleh virus, tetapi kondisinya juga bisa berasal dari reaksi alergi atau masalah bakteri yang biasanya akan sembuh sendiri dengan sangat mudah. Meski begitu, bisa jadi tidak nyaman dan ada produk yang tersedia yang akan mengurangi rasa sakit dan kemerahan, semoga membantu mempercepat proses penyembuhan juga. Jika masalah diidentifikasi sebagai blepharitis,

klinik mata bekasi peradangan dapat diobati hanya dalam beberapa minggu atau lebih cepat, selama kebersihan yang baik diperhatikan.

Namun, sementara konjungtivitis dan blepharitis adalah kondisi yang umum dan mudah diobati, ada alasan lain mengapa orang terkena mata merah yang, meski tidak terlalu serius, mungkin lebih memprihatinkan. Perdarahan subkonjungtiva, misalnya, cukup umum terjadi dan disebabkan oleh pecahnya pembuluh darah di mata. Meskipun ini bisa menjadi indikator masalah seperti tekanan darah tinggi, kebanyakan orang merasa itu sembuh sendiri dalam hitungan minggu. Jika itu terjadi secara teratur, Anda mungkin ingin menghubungi ahli kacamata atau dokter Anda untuk meminta nasihat.

Penyebab mata merah yang lebih serius dapat diidentifikasi dengan gejala tambahan, yang mungkin termasuk ketidaknyamanan serius dan keluarnya cairan dari mata itu sendiri. Jika gejala ini muncul dengan sendirinya, Anda harus benar-benar menghubungi spesialis, karena bisa jadi itu merupakan tanda uveitis anterior, glaukoma, atau tukak kornea – yang dapat diobati dengan obat tetes mata tetapi mungkin memerlukan perawatan lebih lanjut dari seorang praktisi. Jika Anda mengalami mata berair dan penglihatan kabur, ini mungkin merupakan tanda keratitis, infeksi kornea yang cukup serius dan sering muncul pada mereka yang memakai lensa kontak.

Jika Anda memiliki mata merah pada titik mana pun dan memiliki kekhawatiran, tidak ada salahnya menghubungi ahli kacamata, dokter umum atau spesialis – karena ini dapat memberi Anda ketenangan pikiran yang Anda butuhkan atau mengarah pada perawatan yang lebih segera jika diperlukan.